Minggu, 19 Juni 2016

Tugas softskill 4 Terapi Bermain

Definisi Terapi Bermain
Bermain adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan atau tanpa mempergunakan alat yang menghasilkan atau memberikan informasi, memberi kesenangan maupun mengembangkan imajinasi anak.
            Terapi Bermain adalah pemanfaatan permainan sebagai media yang efektif oleh terapis, untuk membantu klien mencegah atau menyelesaikan kesulitan-kesulitan psikososial, mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal melalui eksplorasi atau ekspresi diri.
CIRI-CIRI BERMAIN
          1)      Selalu bermain dengan sesuatu atau benda
          2)      Selalu ada timbal balik interaksi
           3)      Selalu dinamis
           4)      Ada aturan tertentu
          5)      Menuntut ruangan tertentu
 KATEGORI BERMAIN
1)      Bermain aktif
Yaitu anak banyak menggunakan energi inisiatif dari anak sendiri.
Contoh : bermain sepak bola.
2)      Bermain pasif
Energi yang dikeluarkan sedikit,anak tidak perlu melakukan aktivitas (hanya melihat)
Contoh : memberikan support
FUNGSI BERMAIN
Anak dapat melangsungkan perkembangannya
1.            Perkembangan Sensori Motorik      
Membantu perkembangan gerak dengan memainkan obyek tertentu,misalnya meraih pensil.
2.            Perkembangan Kognitif
Membantu mengenal benda sekitar(warna,bentuk kegunaan)
3.            Kreatifitas
Mengembangkan kreatifitas mencoba ide baru misalnya menyusun balok.
4.            Perkembangan Sosial            
Diperoleh dengan belajar berinteraksi dengan orang lain dan mempelajari belajar dalam kelompok.
5.            Kesadaran Diri (Self Awareness)
Bermain belajar memahami kemampuan diri kelemahan dan tingkah laku terhadap orang lain.
6.            Perkembangan Moral
 Intraksi dengan orang lain bertingkah laku sesuai harapan teman menyesuaikan dengan aturan  kelompok. Contoh : dapat menerapkan kejujuran.
7.            Terapi
Bermain kesempatan pada anak untuk mengekspresikan perasaan yang tidak enak misalnya : marah,takut,benci.
8.            Komunikasi
Bermain sebagai alat komunikasi terutama bagi nak yang belum dapat mengatakan secara verbal, misalnya : melukis,menggambar,bermain peran.
KLASIFIKASI BERMAIN MENURUT ISI
     1)      Social affective play
Anak belajar memberi respon terhadap respon yang diberikan oleh lingkungan dalam bentuk permainan,misalnya orang tua berbicara memanjakan anak tertawa senang,dengan bermain anak diharapkan dapat bersosialisasi dengan lingkungan.
      2)      Sense of pleasure play
Anak memproleh kesenangan dari satu obyek yang ada disekitarnya,dengan bermain dapat merangsang perabaan alat,misalnya bermain air atau pasir.
      3)      Skill play
Memberikan kesempatan bagi anak untuk memperoleh ketrampilan tertentu dan anak akan melakukan secara berulang-ulang misalnya mengendarai sepeda.
     4)      Dramatika play role play
Anak berfantasi menjalankan peran tertentu misalnya menjadi ayah atau ibu


Daftar pustaka





0 komentar:

Posting Komentar